Minggu, 22 Januari 2017

Pancadhamma

Pancadhamma adalah lima macam Dhamma yang bagus, yang merupakan bahan untuk mentaati pancasila. Pancadhamma yaitu:
1.   Mettā-karunā: cintakasih dan welas asih terhadap semua makhluk
hidup. Dhamma pertama ini terkait dengan sila pertama Pancasila Buddhis.Jika seseorang dapat melaksanakan metta-karuna dengan baik, maka ia akan dapat melaksanakan sila pertama dari Pancasila Buddhis dengan baik.

2.   Sammā-Âjiva: Pencaharian benar, merupakan mata pencahariann benar, maksudnya adalah mencari penghidupan dengan cara yang baik, yaitu:
a.    Tidak mengakibatkan pembunuhan.
b.    Wajar, baik, dan benar (bukan hasil dari
mencuri, merampok, atau mencopet).
c.    Tidak berdasarkan penipuan.
d.    Tidak berdasarkan ilmu yang salah, seperti meramal, perdukunan, tukang tenung dan lain-lain.
Kalau kita dapat melaksanakan dhamma kedua ini dengan baik, maka kita akan dapat melaksanakan sila yang kedua dari Pancasila Buddhis.
Dhamma kedua ini terkait dengan sila kedua dari Pancasila Buddhis.
3.   Kāmasamvara: penahanan diri terhadap nafsu indria atau santutthi (merasa puas dengan yang dimiliki. Dhamma ketiga ini terkait dengan sila ketiga Pancasila Buddhis.
4.   Sacca: kebenaran, benar dalam perbuatan, ucapan dan pikiran
Dhamma keempat ini terkait dengan sila keempat dari pancasila.
5.   Sati-sampajañña: kesadaran benar. Dhamma kelima ini terkait dengan sila kelima dari Pancasila Buddhis.

Jika pancasila bersifat pasif, maka pancadhamma memiliki sifat yang aktif (melakukan suatu kegiatan). Hal ini dapat diibaratkan dengan dua orang baik yang sama-sama cinta lingkungan. Orang pertama tidak suka membuang sampah sembarangan, orang kedua suka memungut sampah yang berserakan. Orang pertama melakukan perbuatan baik secara pasif berdasarkan norma-norma, orang kedua melakukan perbuatan baik secara aktif dengan mengembangkan ha-hal baik dalam dirinya.
Pancasila dan pancadhamma merupakan dua hal yang saling berkaitan, saling mendukung, dan saling menjaga. Ketika pancasila dijaga, maka pancadhamma akan berkembang; begitu pula, ketika pancadhamma dikembangkan, maka pancadhamma akan terjaga. Untuk itu mari kita berlatih untuk menjaga pancasila dan mengembangkan pancadhamma dalam kehidupan sehari-hari!


@SMP Negeri 1 Sungai Pinyuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar