Rabu, 19 September 2018

Pancabala (Lima Kekuatan)

Namo tassa bhagavato arahato sammasambuddhassa 3x

Jadilah pulau bagi dirimu sendiri, jadilah pelindung bagi dirimu sendiri. 

Sebagai manusia yang merupakan salah satu dari makhluk hidup,  pada umumnya  kita tentunya punya tujuan hidup. Secara umum tujuan hidup kita adalah kebahagiaan, sama seperti makhluk hidup lain pada umumnya juga mengharapkan kebahagiaan.  Namun,  tentu kita harus memiliki cara-cara yang sistematis agar  tujuan hidup kita itu dapat tercapai.
Bagaimana agar tujuan hidup kita tercapai?  Apa yang harus kita miliki dan kembangkan? 
Dalam Bala-Sutta sang Buddha mengatakan ada lima kekuatan (Pancabala),  yaitu:
1. Saddha-bala (kekuatan keyakinan) 
    Dengan memiliki keyakinan (terhadap sesuatu yang benar)  maka akan menimbulkan kekuatan. Sebagai contoh,  jika kita yakin bahwa kita dapat melakukan sesuatu,  maka pikiran kita akan mengarah pada metode-metode atau cara untuk menggapai tujuan itu. Jadi, dengan adanya keyakinan akan muncul sikap optimis dalam mencapai tujuan. 
2. Viriya-bala (kekuatan semangat) 
     Dengan adanya keyakinan tadi, maka akan dibarengi dengan melakukan usaha atau daya upaya.  Berusaha dengan ulet, rajin,  dan tekun untuk mencapai tujuan.  Dengan usaha ini maka tujuan akan tercapai. Contoh: untuk mereka yang akan menghadapi ujian. Ketika ia melkukan usaha dengan cara belajar dari berbagai sumber, maka ia akan dapat menyelesaikan ujian dengan baik. Coba saja, kalau tidak ada usaha untuk belajar maka ia akan kesulitan dalam ujian. 
3. Sati-bala (kekuatan perhatian/kesadaran)
     Dengan memiliki perhatian/kesadaran yang baik, maka kita akan dapat mencapai tujuan dengan lebih mudah.  Misalnya, kita singin memasukkan benang dalam lubang jarum. Jika kita tidak memiliki perhatian yang cukup,  tentu hal itu akan sulit untuk dilakukan. Atau kita sedang menyetir, jika kita tidk penuh perhatian tentu akan membahayakan diri sendiri dan orang lain. 
4. Samadhi-bala (kekuatan konsentrasi) 
     Yang tidak kalah penting adalah konsentrasi. Ini sangat perlu kita miliki agar segala sesuatunya dapat berjalan sesuai harapan. Sebagai contoh, seseorang yang membaca buku dengan penuh konsentrasi dan fokus, ia akan dapat mengingat lebih banyak apa yang telah ia baca. Tapi ketika seseorang membaca tanpa konsentrasi, mungkin ketika membaca halaman berikutnya ia telah lupa apa yang ia baca di halaman pertama. Tentu kita pernah mengalami hal ini bukan? Maka konsentrasi mutlak perlu kita latih dan kembangkan.
5. Pannya-bala (kekuatan kebijaksanaan)
    Dengan memiliki keempat kekuatan yang sebelumnya, maka kebijaksanaan akan dapat berkembang. Kebijaksanaan perlu kita miliki agar kita semakin dekat dengan tujuan yang ingin kita capai. Contoh: katakanlah ketika kita ingin ke Vihara.  ketika akan ke vihara tiba-tiba ada teman yang mengajak bermain. Jika kita tidak memiliki kebijaksanaan, mungkin saja kita akan lebih memilih ikut teman bermain. Namun, jika kita bisa bersikap bijaksana dengan berpikir bahwa ke vihara lebih penting dn lebih baik dari sekedar bermain,  maka tujuan kita untuk dapat ke vihara akan terlaksana.  Maka dari itu,  kebijaksanaan sangatlah penting kita miliki dan kembangkan. 
Jadi, untuk mencapai tujuan kita,  kita perlu mengembangkan lima hal ini,  karena dengan demikian akan membawa kita mengarah pada tujuan kita.  Untuk itu,  marilah kita bersama-sama berlatih untuk mengembangan saddha,  viriya, sati,  samadhi,  dan pannya agar kita dapat mencaai tujuan hidup kita yang juga diyaitu kebahagiaan. 
Sabbe satta bhavantu sukhitatta (semoga semua makhluk berbahagia)
Sadhu...  Sadhu...  Sadhu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar