Rabu, 10 Oktober 2018

Olimpiade Pelajar Buddhis Kabupaten Mempawah


I.                    Pengertian
                 Olimpiade Pelajar Buddhis Kabupaten Mempawah adalah suatu ajang kompetisi para pelajar Buddhis Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan setiap satu kali dalam satu tahun. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah bakat, minat, serta pengetahuan pelajar Buddhis untuk menciptakan
generasi yang berpengetahuan luas dan sportif. 
                Olimpiade Pelajar Buddhis Kabupaten Mempawah diprakarsai oleh kerjasama Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Agama Buddha Kabupaten Mempawah, dibentuk pada akhir tahun 2016 dan dilaksanakan pertama kali di tahun 2017. pada awalnya kegiatan ini bernama Festifal Pelajar Buddhis, kemudian berganti menjadi Olimpiade Pelajar Buddhis.


Maksud dan Tujuan 
Maksud diselenggarakannya kegiatan Olimpiade Pelajar Buddhis Kabupaten Mempawah Tahun 2018 adalah:
1.      Sebagai upaya untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu mewujudkan manusia yang berbudi luhur, sehat batin dan jasmani, berpengetahuan, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
2.      Sebagai wadah untuk mengembangkatan keterampilan abad 21 yakni peserta didik yang kreatif (creativity), berfikir kritis (critical thinking), berkomunikasi dengan baik (communication), dan mampu berkolaborasi bekerjasama dengan yang lain (collaboration).
3.      Sebagai wadah untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam rangka mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minatnya masing-masing.
4.      Sebagai wahana untuk menumbuhkan semangat juang dalam upaya mewujudkan generasi Buddhis masa depan yang cerdas, kritis, dan memiliki keyakinan (saddha) sesuai dengan semangat Ehipassiko.
5.      Menjadi kegiatan berkelanjutan yang masuk dalam agenda tahunan Dinas Pendidikan Kabupaten Mempawah.

Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan Olimpiade Pelajar Buddhis Kabupaten Mempawah tahun 2018 adalah:
1.      Meningkatkan keyakinan melalui pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran Buddha.
2.      Meningkatkan kualitas pengetahuan, mental, dan spiritual peserta didik.
3.      Mengembangkan bakat, minat, dan keterampilan peserta didik.
4.      Event tahunan untuk memberikan motivasi terhadap peserta didik agar lebih bergairah dan semangat dalam mempelajari dan mencintai pendidikan agama Buddha.

Arti Lambang:
1. Lingkaran Bulat berwarna
jingga: melambangkan Semangat dan bertekad bulat untuk mengembangkan Dhamma.
2.  Buku dengan lima helaian lembar di masing-masing sisi: Melambangkan pengembangan pancasila dan Pancadhamma secara seimbang dan saling mendukung.
3.   Seorang anak yang memegang Piala: Melambangkan sportifitas dalam kompetisi untuk menjadi yang terbaik.

4.   Delapan Helai Kelopak bunga teratai berwarna biru: Melambangkan pengembangan sifat bakti yang berdasar pada Jalan Mulia Berunsur Delapan dalam perjuangan mencapai Tujuan Jangka pendek (hidup bahagia di dunia ini), jangka menengah (setelah meninggal dapat terlahir di alam Bahagia), dan jangka panjang (tercapainya kebahagiaan tertinggi/Nibbana).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar