Kamis, 26 September 2019

Lima Macam Persembahan dalam Pattakamma-sutta

Dalam Pattakamma Sutta, Buddha menjelaskan kepada Anathapindika tentang lima macam persembahan, yaitu:


1. Persembahan kepada orangtua dan sanak saudara yang masih hidup
    Persembahan kepada orangtua dan sanak saudara dapat berupa merawat orangtua, memenuhi kebutuhannya, memberikan bantuan kepada sanak saudara yang sedang membutuhkan atau sekedar memberikan buah tangan atau oleh-oleh.

2. Persembahan kepada tamu
    Persembahan kepada tamu adalah layanan yang kita berikan kepada tamu yang datang, seperti minuman, makanan, ataupun tempat menginap
3. Persembahan kepada sanak saudara yang telah meninggal dunia
    Persembahan kepada sanak sudara yang telah meninggal dapat dilakukan dengan melkukan pelimpahan jasa. Caranya kita melakukan kebajikan dan setelahnya kita merenungkan semoga jasa kebajikan ini diketahui oleh sanaknkeluarga yang telah meninggal dan semoga mereka turut berbahagia atas kebajikan ini.  
4. Persembahan kepada raja (pemerintah)
 Persembahan kepada raja atau pemerintah dapat kita lakukan dengan cara membayar pajak secara tertib dan tepat waktu.
5. Persembahan kepada dewa.
    Persembahan kepada dewa juga dapat dilakukan dalam bentuk pelimpahan jasa seperti nomor 3.

Mempersembahkan kepada dewa menunjukkan bahwa jasa yang dilimpahkan oleh Sangha bukan hanya dapat diterima oleh mereka yang terlahir kembali di alam peta tetapi juga oleh sanak keluarga kita yang terlahir di alam dewa.
Dalam Mahaparinibbana Sutta, Buddha menyarankan rakyat untuk berdana kepada para bhikkhu berbudi luhur dan mendedikasikan persembahannya kepada para dewa. Para dewa akan melindungi dan membantu mereka sebagai balasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar